Sukandar Harapkan Habitat & Ekosistem Gajah Terjaga - Portal Berita Online

Kamis, 09 Juli 2020

Sukandar Harapkan Habitat & Ekosistem Gajah Terjaga

TEBOONLINE.ID - Bupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom., M. Si., mengharapkan Ekosistem dan Habitat Gajah Sumatra dapat terjaga yang disampaikannya pada Kegiatan Deklarasi dan Sosialisasi Forum Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Bentang Alam Bukit Tiga Puluh, Hotel Aston Jambi, Kamis (09/07/2020).

Pengelolaan KEE dilakukan untuk menjaga kelestarian serta menghindari konflik manusia dengan gajah. Untuk itu dibentuklah Forum Kolaborasi Pengelolaan KEE Bentang ABT melalui SK Gubernur Jambi No 177/KEP.GUB/DISHUT-3.3/2020.

Bupati Sukandar dalam arahannya menyebutkan Pemerintah Kabupaten Tebo telah melakukan upaya dengan membuat regulasi kebijakan yang bersifat umum berupa arahan rencana tata ruang.

Setelah adanya deklarasi ini, Bupati Sukandar berharap akan ada regulasi yang bersifat site/ tapak dengan melibatkan seluruh stakeholder seperti pemegang konsesi dan pemerhati lingkungan.

Sementara itu, Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman, SH., MH., menyatakan bahwa Pemrov mendukung konservasi habitat Gajah Sumatera. Menurutnya Pelestarian Bentang ABT merupakan syarat dalam menghindari konflik manusia dengan gajah.

Sebagaimana diketahui Lansekap Bukit Tiga Puluh dijadikan tempat monitoring untuk populasi gajah sumatera. Selain itu, BAT juga merupakan rumah bagi satwa karismatik seperti Harimau Sumatera, Trenggiling, dan Tapir.

Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Kementerian LHK, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, dan Koordinator Nasional FP-II.

Sementara itu mendampingi Bupati Sukandar, Kepala KPHP Tebo Barat dan Timur, Sejumlah Kepala OPD terkait, Camat Sumay dan Tengah Ilir dan Sejumlah Kepala Desa, serta perusahaan dan pemegang konsesi dan pemerhati lingkungan.(crew)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda