Sukandar Terima Penghargaan Swasti Saba Wiwerda Dari Kemenkes & Kemendagri RI - Portal Berita Online

Rabu, 20 November 2019

Sukandar Terima Penghargaan Swasti Saba Wiwerda Dari Kemenkes & Kemendagri RI

Didampingi Kadis Kesehatan dan Kepala Bappelitbangda, Bupati Tebo H Sukandar terima penghargaan dari Kemenkes dan Kemendagri RI. 
TEBOONLINE.ID - Bupati Tebo H. Sukandar, S.Kom., M.Si., menerima penghargaan Swasti Saba Wiwerda (Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Pembinaan) dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri RI di Ruang Sasana Bakti Praja Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

Turut mendampingi Bupati Tebo pada Penganugerahan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019 tersebut Kepala Bappelitbangda Kabupaten Tebo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo dan Ketua Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Tebo.

Kabupaten/Kota Sehat merupakan pendekatan kesehatan masyarakat yang bertumpu pada kemitraan pemerintah daerah dengan masyarakat dalam mengatasi masalah-masalah kesehatan yang berkaitan erat dengan masalah lingkungan fisik dan lingkungan sosial.

Sebuah penghargaan di bidang kesehatan ini merupakan apresiasi pemerintah pusat terhadap keberhasilan pembangunan di Kabupaten Tebo yang mendukung tercapainya kesejahteraan rakyat.

Bupati Sukandar menjelaskan, dalam upaya percepatan pencapaiannya, Pemkab Tebo telah melakukan beberapa kegiatan unggulan dan inovatif yang juga didukung oleh seluruh lintas sektor serta TP-PKK Kabupaten Tebo.

Lebih lanjut, kedepan Bupati berharap seluruh elemen masyarakat mendukung kegiatan unggulan ini, serta selalu disosialisasikan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga terwujudnya Kabupaten Tebo yang bersih, nyaman, aman dan sehat akan cepat terwujud.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo dr. Riana Elizabeth, M.KM., mengatakan Kabupaten Tebo mendapatkan penghargaan setelah melalui serangkaian kunjungan lapangan, tanya jawab ke masyarakat dan mendengarkan presentasi Forum Kabupaten Sehat serta penelitian dokumen yang berkaitan dengan kebijakan oleh Tim Verifikasi.

Perlu diketahui bahwa penilaian Kabupaten/Kota Sehat lebih berfokus pada adanya proses dan upaya perbaikan kesehatan melalui partisipasi masyarakat yang terorganisir melalui Forum Kabupaten Sehat serta dukungan sektor terkait.

Mengingat masalah kesehatan penyebabnya sangat multikompleks dan mempunyai skor yang tinggi jika diselesaikan secara terpadu antara pemerintah dan masyarakat. (crew)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda