Antisipasi ISPA, Puskesmas Rimbo Bujang II Turun Kejalan Bagikan Masker - Portal Berita Online

Rabu, 21 Agustus 2019

Antisipasi ISPA, Puskesmas Rimbo Bujang II Turun Kejalan Bagikan Masker

dr.Sugiono saat memasang Masker ke salah satu pengendara lalu lintas. 
TEBOONLINE.ID - Kabut asap dampak Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) masih menyelimuti Provinsi Jambi. Masyarakat pun mulai dihimbau menggunakan masker untuk beraktivitas di luar ruangan.

Kepala Puskesmas Rimbo Bujang II dr. Sugiono bersama pegawainya turun langsung ke jalan membagikan Puluhan kotak masker. Mereka bagikan masker bagi masyarakat yang melintas di jalan Pahlawan Kecamatan Rimbo Bujang pada Kamis (21/08/2019).
dr. Sugiono poto bersama pegawai Puskesmas Rimbo Bujang II usai pembagian Masker kepada warga. 

"Kami dari Puskesmas Rimbo Bujang melakukan upaya untuk kewaspadaan dini dampak kabut asap," jelas Sugiono disela - sela pembagian Masker.

Pihaknya juga sudah mengirimkan Masker ke Bidan Desa untuk dibagikan gratis ke masyarakat. Mereka dihimbau untuk waspada dan melaporkan setiap hari terkait penyakit akibat dampak kabut asap.

Sugiono juga menginstruksikan agar Pustu dan Bides melakukan promosi kesehatan. Hal ini untuk meningkatkan kewaspadaan dan melindungi diri dari bencana asap.

Bagi yang sudah punya riwayat gangguan paru-paru dan jantung segera konsultasi ke dokter. "Caranya dengan pemberian masker serta untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Terutama bagi yang menderita penyakit jantung dan gangguan pernafasan," paparnya.

Masyarakat juga dihimbau untuk menggunakan masker saat keluar rumah. Mereka juga harus banyak minum air putih. Untuk laporan tentang ISPA ke Puskesmas Rimbo Bujang belum ada, akan tetapi kita akan tingkatkan pencegahannya.

Sugiono pun menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat. Caranya makan makanan bergizi, tidak merokok dan istirahat cukup.

"Lalu upayakan agar polusi di luar tidak masuk ke dalam ruangan. Penampungan air minum dan makanan harus terlindung dengan baik," ujarnya. (crew)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda