Wabup Tebo Mendukung Penuh Penggunaan Aspal Karet di Kabupaten Tebo - Portal Berita Online

Selasa, 25 Juni 2019

Wabup Tebo Mendukung Penuh Penggunaan Aspal Karet di Kabupaten Tebo

TEBOONLINE.ID - Wakil Bupati Tebo Syahlan, SH menghadiri acara Diseminasi Aspal Karet dengan tema "Peningkatan Konsumsi Karet Rakyat untuk Infrastruktur Jalan" yang diadakan oleh Direktorat Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Direktorat Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Republik Indonesia di Hotel BW Luxury, Jambi, Senin (24/06/2019).

Pada acara tersebut turut hadir Wakil Bupati Tanjabbar, Sekda Batang Hari, Kepala Dinas terkait baik dari Pemerintah Provinsi Jambi ataupun Kepala Dinas terkait dari Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi serta pihak swasta/perusahaan yang bergerak dalam bidang karet.

Acara yang diselenggarakan dalam rangka upaya peningkatan konsumsi karet alam dalam negeri dan hilirisasi industri dibuka langsung oleh Edy Sutopo selaku Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Direktorat Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Tujuan dari acara diseminasi aspal karet ini adalah untuk meningkatkan daya saing daerah, meningkatkan pendapatan daerah/nasional, serta peningkatan infrastruktur sarana prasarana jalan.

Wakil Bupati Tebo Syahlan, SH mengungkapkan Pemkab Tebo mendukung penuh konsumsi karet rakyat untuk infrastruktur jalan nasional/daerah.

Menurutnya penggunaan aspal karet juga dapat mendorong peningkatan harga karet dikarenakan penggunaan karet lokal akan memicu kenaikan harga karet di tingkat petani.

Menurut Edy Sutopo, produksi karet dalam negeri sekitar 83% masih diekspor dalam bentuk karet mentah dan 17% sisanya untuk konsumsi dalam negeri. Rendahnya permintaan ekspor karet mentah menyebabkan kelebihan suplai dalam negeri sehingga harga karet tidak stabil.

"Salah satu upaya untuk menstabilkan harga karet adalah dengan meningkatkan konsumsi domestik," ungkapnya.

Lebih lanjut, Edy mengatakan perlu adanya sinergi antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan masyarakat sehingga program Pemerintah Pusat dapat terlaksana.

Sehingga diharapkan dengan adanya penggunaan aspal karet ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani karet.

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan narasumber perwakilan dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. (crew)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda